Langsung ke konten utama

Postingan

Percobaan IPA: Kreasi Termometer Botol

Praktikum adalah salah satu kegiatan pembelajaran yang sangat digemari oleh murid-murid Cikgu. Kebetulan hari ini kita mengadakan praktikum IPA tentang cara membuat termometer seserhana dari botol. Tahu tidak, termometer ini adalah salah satu cikal bakal termometer modern yang ada saat ini loh. Bahkan Galileo Galilei dulu juga menggunakan termometer ini. Wah, pasti penasaran kan bagaimana bentuk dan cara kerja termometer ini. Yuk, kita bikin bersama!Alat dan bahan:
1. Botol kaca bening ukuran 100 ml
2. Sedotan bening
3. Spidol
4. Plastisin
5. Pewarna makanan
6. Air
7. Sapu tangan
8. Setrika Langkah percobaan:
1. Isi botol dengan air hingga setengah bagian.
2. Masukkan pewarna makanan. Aduk rata.
3. Beri tanda batas atas air dalam botol dengan menggunakan spidol.
4. Masukkan sedotan hingga menyentuh bagian atas air.
5. Tutup bagian atas botol denga  plastisin. Pastikan tidak ada celah agar udara tidak bisa masuk ke dalam botol.
6. Panaskan sapu tangan dengan setrika.
7. Tempelkan …
Postingan terbaru

Jimat Sakti jadi MC

Someday, dalam rapat kantor tiba-tiba aja saya ditunjuk jadi MC acara pelepasan siswa akhir tahun. Acara ini dihadiri oleh walimurid siswa-siswi kelas 6 dan tamu undangan. Walimurid saja jumlahnya berkisar 200 orang. Belum walimurid kelas 1-5.  Ada juga tamu undangan khusus, seperti: anggota Muspika (Camat, Danramil, Kapolsek), pengawas sekolah, dan kepala UPTD pendidikan tingkat kecamatan. Duh, matih akuh!!
Jadi MC buat saya bukan hal yang mudah. Berbicara di depan orang banyak, mengatur tone & intonasi suara, bikin acara semarak sekaligus khidmat dalam  satu kesempatan adalah tantangan berlapis-lapis. Apalagi, saya ini termasuk orang yang pemalu lho... ^^
Tapi, saya beranikan diri untuk menjalani tantangan ini. Kapan lagi bisa eksis di hadapan ribuan mata dan orang-orang penting di sini. Yah, at least meskipun masih tingkat kecamatan sih, hehe. Saya beranikan diri untuk tampil maksimal menahan malu di depan orang banyak. Meski awalnya saya pingin tutup kepala pake kresek, kare…

Secangkir Perenungan

Betapa nikmatnya membaca buku sambil ditemani secangkir teh hangat.
Teh saja. Bukan kopi. Kopi terlalu tajam utk lambungku.
Betapa nikmat menyesap hangat uapnya, tanpa terbeban masalah-masalah di luar sana.
Namun, di sinilah aku sekarang. Bangun pukul satu malam. Menorehkan rangkaian peristiwa yang kuhadapi dalam setengah pekan. Ya, hanya setengah pekan. Setengahnya saja sudah bikin heboh induk mayang.
Kehebohan yg bermula dari tingkah polah anak-anak baru gede mencoba mengeksplorasi lingkungannya dengan cara yg tidak biasa.
Ck ck ck.. aku berdecak. Bukan decak kagum. Lebih tepatnya gemas. Dan lemas. Apa sih yang ada di pikiranmu? Apa kau pikir dirimu akan terlihat keren dan hebat jika melakukan perbuatan ini?

Indonesian Potential Tourisme

Indonesia is a large country, which is inhabited by thousand of million people with numerous islands spread extensively.Each island has their wonderful characters which always attract people to come and visit the place.Both nature and culture are major components of Indonesia tourism. The natural heritage can boost a unique combination of a tropical climate., a vast archipelago of island, ethnic diversity and other natural attractions are complemented by a rich cultural heritage that reflects Indonesia's dynamic history.In 2016, the government was reported to be investing more in tourism development by attracting moreforeign investors.As quoted in the Jakarta Post, the government has also secured commitments from potential investors. Totally US $ 70 million in the areas of building accommodation, marine, and ecotourism facilities in + 3 of the 10 areas.Tourism in Indonesia is an important component of the Indonesia economy as well as a significant source of its foreign exchange re…

ES TOMAT: Resep Jitu jadi Guru Idola

ES TOMAT: Resep Jitu jadi Guru Idola - Masih ingat nggak siapa guru favoritmu saat sekolah? "Iya, ingat. Pak itu, Bu ini, sama Bu anu". Guru favorit selalu bikin kita betah belajar di dalam kelas. Kedatangan mereka selalu kita nantikan. Bahkan, tak jarang kita jadi suka dengan pelajaran yang mereka ajarkan. Dan, imbasnya tentu saja nilai-nilai pada pelajaran tersebut jadi excellent. Menjadi guru favorit tentu dambaan setiap cikgu, ya. Guru favorit itu ibarat artis idola. Selalu dielu-elukan para muridnya. Dan, sadar maupun tidak, mereka jadi role model bagi para murid. Anyway, gimana sih, caranya jadi guru idola? 1. S = SENYUM Tersenyumlah, Cikgu. Tunjukkan pada dunia senyum manismu. Awali setiap pembelajaran dengan senyuman. Selalu tersenyumlah saat bertemu murid-muridmu. Di dalam kelas maupun di luar kelas. Ingat, Cikgu, senyum yang tulus adalah ibadah.  2. TO = TOLONG Katakan "Tolong" saat kita butuh bantuan. Katakan "Tolong" saat kita minta murid me…

5 Alasan yang Bikin Saya Bangga menjadi Guru

5 Alasan yang Bikin Saya Bangga menjadi Guru - Menjadi guru bukanlah cita-cita awal saya. Apalagi menjadi seorang guru sekolah dasar. Ya, saya tak pernah sekalipun punya cita-cita menjadi guru. Dalam impian saya, kala remaja, menjadi jurnalis atau diplomat tentu lebih membanggakan. Namun, sebuah lini masa kehidupan mengukuhkan saya untuk mendalami profesi ini. Inilah 5 alasan yang membuat saya kini mulai mencintai pekerjaan 'momong' murid-murid sekolah dasar. 1. Dibanggakan Rasulullah Dalam sebuah pengajian, diceritakan bahwa tiada suatu profesi yang dibanggakan oleh Rasulullah selain menjadi guru. Tentu bukan melulu guru SD. Ketika ditanya oleh para sahabat, Rasulullah selalu menegaskan bahwa beliau diutus oleh Allah swt untuk memperbaiki akhlak manusia. Rasulullah adalah uswatun hasanah, suri tauladan yang baik. Penjelasan ini merujuk pada profesi guru yang utamanya mengajarkan akhlak yang baik serta menjadi role model bagi murid-muridnya 2. Jadi Idola Percaya atau tidak,…